Saving our world of self recoqnitions

Mood Disorder

incomplete

incomplete

Apakah anda mengalami mood swings?
Pernahkah pikiran di kepala anda berpacu dengan cepat dan anda tidak mampu untuk memperlambat pikiran itu?
Seringkah anda mengalami sulit tidur?
Adakah keluarga dekat anda yang mengalami kelainan depresi?

Secara sederhana, Bipolar disorder adalah kelainan suasana hati yang dapat berubah secara drastis dari yang tadinya gembira, bahagia, optimis dan penuh energi (HIGH) lalu kemudian berubah menjadi sangat sedih, kecewa, cemas, merasa tidak dicintai, sendirian, dan putus asa (LOW). Bagaikan roller coaster suasana hati berubah-ubah tidak menentu hingga mempengaruhi kinerja penderita, bahkan orang-orang di kehidupannya. Sangat sulit untuk mendiagnosa kelainan ini bahkan untuk seorang ahli jiwa sekalipun. Seringkali Bipolar disorder disalah tafsirkan sebagai dengan tipe depresi lainnya.

Bipolar disorder adalah penyakit serius, dapat membuat mood seseorang yang normal menjadi kelihatan ekstrim. Dahulu biasa disebut Manic Depression. Bipolar disorder merupakan penyakit sepanjang hidup, namun dengan perawatan yang tersedia saat ini petugas kesehatan dapat membantu penderita menyeimbangkan moodnya.

Ada 4 macam Episode yang dapat dialami oleh penderita Bipolar;

Depresi — ketika penderita Bipolar mengalami kesedihan yang amat sangat, terkadang terjadi dalam jangka waktu yang panjang, mereka menolak untuk bangkit dari tempat tidur atau makan. Mereka tidak lagi menikmati kegiatan yang biasa mereka lakukan.

Mania — adalah sisi lain dari Bipolar. Dimulai dengan suasana hati yang baik, bahkan cenderung berlebihan, hingga mungkin melakukan hal-hal yang berbahaya.

Hypomania — paling sulit dideteksi karena penderita bisa melakukan semua kegiatan seperti biasa, padahal perubahan mood dapat terjadi kapan saja.

Mixed mood — ini terjadi saat perasaan Mania dan Depresi berubah dengan cepat , terkadang pada hari yang sama.

Belum diketahui penyebab pasti Bipolar disorder, akan tetapi ada hubungannya dengan faktor keturunan. Bipolar dapat terjadi pada siapa saja apapun ras dan latar belakangnya. Peneliti percaya hal ini dapat disebabkan oleh dihubungkan dengan tingkat hormon tertentu yang mempengaruhi tidak seimbangnya kimia otak. Bisa juga disebabkan oleh penyakit tertentu.


Advertisements

3 responses

  1. caithlinlumia

    wow,, itu gejala aku banget….

    May 21, 2009 at 7:03 am

    • edmai

      Baik sekali bila bisa mengenali kondisi mental diri, hanya sedikit manusia yang benar-benar mengenali dirinya sendiri.
      Pengobatan mental disorder saat ini masih didominasi obat ‘anti depresi beserta plus minusnya. Menurut saya pribadi akan lebih baik sekali bila kita dapat menemukan therapi alternatif disertai usaha untuk mengalahkan diri sendiri. Semoga menjadi pencerahan bagi kita semua, Terimakasih.

      May 21, 2009 at 5:21 pm

    • EDvanG

      Khususnya di Indonesia, pengetahuan masyarakat mengenai kecenderungan tersebut sangatlah minim. Perlu diketahui bahwa pengobatan yang direkomendasikan dokter kesehatan jiwa berjangka waktu panjang bahkan permanen, ditambah lagi dengan terapi kognitif yang sangat disarankan. Namun demikian jangan berkecil hati, dengan mendekatkan diri pada Allah YME dan berserah kepadaNya Insya Allah masalah ini tidak seburuk yang kita duga. Saran saya, tetap lah berusaha mencari lebih banyak informasi untuk kita bisa lebih menganalisa kondisi kejiwaan kita sendiri karena hanya diri kita lah yang lebih mengerti suasana hati dan perasaan kita. Kenali grafik naik turun mood anda dan yang terpenting adalah kenali pemicu utama (trigger) naik turun nya mood dan upayakan untuk mencari cara untuk bisa mengendalikan perasaan tersebut. Semoga bermanfaat dan selamat berjuang.

      May 1, 2011 at 5:35 pm

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s